Cara Membuat Plan Yoghurt (Bibit)

hai! kemarin saya sudah memposting artikel tentang Manfaat dan Cara Membuat Yoghurt. sekarang saya akan berbagi dengan anda cara membuat bibit (plan) yoghurt.

Cara membuat bibit yoghurt sangatlah mudah.

plain yogurt

Berbicara tentang Regenerasi bibit yoghurt, saya akan jelaskan secara singkat. Sebelum mengetahui cara regenerasi bibit yogurt kita harus mengetahui bagaimana cara mempersiapkan biang bibit ( mother culture ) terlebih dahulu. Kalau kita membuat biang bibit dengan benar maka hasil regenerasinya akan tumbuh dengan baik. Regenerasi bibit harus menganut prinsip ketepatan bukan prinsip ekonomisnya, hal ini akan berdampak pada hasil yoghurt nantinya.

Cara membuat mother culture dimulai dari kultur murni. Jenis kultur yang saya ketahui ada 2 (jika ada lebih dari itu silahkan beri komentar untuk menambahkan atau memperbaiki), yaitu kultur beku murni dan kultur beku yang extended. Kultur beku murni adalah kultur beku yang benar-benar murni jadi tidak ada kamuflase, sementara untuk kultur yang di extended adalah terjadi kamuflase dalam media yang digunakan pada kultur beku tersebut.

Kultur bibit yoghurt yang murni sudah ada terjual di Indonesia meskipun tidak banyak yang menjualnya. biasanya 5 gram kultur murni dapat dibuat menjadi 1 liter biang bibit (mother culture) dan dapat diregenasi lebih lanjut. jadi saat anda membuat yoghurt, sisakan yoghurt untuk di jadikan bibit. kegiatan ini terus berangsur sehingga anda tidak perlu susah-susah lagi mencari starter baru.

Tips untuk anda, saya menemukan artikel yang menjelaskan tentang cara membeli kultur bibit yang baik, yaitu bibit dengan kualitas baik tersegel dengan kemasan alufoil dan bergemerincing serta mempunyai expired date tertera di kemasannya.

Saya sangat menyarankan anda dapat membuat homemade yoghurt. kenapa? dikutip dari beberapa artikel yang saya baca. Saya akan bahas perbedaan dari yoghurt yang kita buat dirumah dengan yang kita beli di toko-toko. Adapun yang membedakan sebagai berikut :

1. Homemade Yogurt jelas mengandung bakteri yang hidup (Live bacteria) karena tidak dilakukan Pasteurisasi atas hasil akhir dari Yogurt itu sendiri dan ini sangat mudah membuktikannya yaitu dengan menempatkan yogurt pada suhu ruang beberapa saat makin lama kita menaruhnya maka makin tajam tingkat keasaman yogurt tersebut.
2. Homemade Yogurt lebih terjamin kesegarannya dan tidak ditambahkan dengan bahan pengawet atau bahan lainnya.
3. Homemade Yogurt lebih mudah untuk dikreasikan oleh kita dengan menambahkan juice buah atau dapat juga dipakai untuk salad atau keperluan lainnya.
4. Homemade Yogurt dapat menggunakan jenis susu sesuai dengan yang kita inginkan baik susu sapi atau kambing dan lainnya.

Sebaiknya Homemade Yogurt disimpan di tempat yang dingin dan hasilnya sangat tergantung pada kualitas susu yang digunakan demikian juga kekentalan (viskositas) sangat bergantung pada kualitas susu & jenis susu yang digunakan.

“Semakin anda mahir membuat makanan sehat mandiri, semakin banyak orang yang hidup sehat karena anda” – yulia

SELAMAT MENCOBA!

source : stationzyogurt.blogspot.com

http://www.sowfreshorganics.com

About these ads

4 thoughts on “Cara Membuat Plan Yoghurt (Bibit)

  1. Tips untuk anda, saya menemukan artikel yang menjelaskan tentang cara membeli kultur bibit yang baik, yaitu bibit dengan kualitas baik tersegel dengan kemasan alufoil dan bergemerincing serta mempunyai expired date tertera di kemasannya <——————————dimanakah saya bisa mendapatkan artikel itu atau boleh saya diberikan artikel nya?? dan dimana kah sy bisa beli kultur bibit yogurt? thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s